Potensi Pasar Besar, Industri Alat Kesehatan Lokal Didorong Tingkatkan Inovasi

 

Pangsa pasar industri alat kesehatan yang diproduksi dalam negeri masih berpeluang untuk melanjutkan pertumbuhan pada 2017.  Dalam beberapa tahun terakhir, industri alat kesehatan di Indonesia mampu tumbuh hingga 10% per tahun.

Data  Asosiasi Pengusaha Alat Kesehatan Indonesia (ASPAKI) menyebut nilai pasar alat kesehatan di Indonesia diperkirakan mencapai Rp60 triliun hingga akhir 2016. Dari nilai pasar tersebut, pasar produk dalam negeri hanya mencapai sekitar Rp14 triliun. 

“Itu artinya, produk alat kesehatan yang diproduksi dalam negeri harusnya bisa menggarap pasar yang lebih tinggi, jangan terlalu bergantung pada produk luar. Produk lokal kita juga ngak kalah dibanding produk luar,” ujar Sekjen  ASPAKI Cristina Sandjaja  dalam Indonesia Healthcare Forum (INDOHCF) Innovation Award 2017 di Jakarta, Kamis (23/2).

Saat ini, alat kesehatan yang digunakan di Indonesia masih bergantung pada produk luar negeri. Nilai impor produk alat kesehatan masih mencapai 90% dari total penggunaan alat kesehatan di Indonesia. 

“Tingginya tingkat impor alat kesehatan  menjadi salah satu problematika di dunia kesehatan di Indonesia. Untuk mengatasinya, perlu upaya bersama antara pemerintah dan pelaku usaha guna mendorong inovasi alat kesehatan di dalam negeri,” ungkap Cristina.

Dia  menambahkan, hambatan perkembangan alat kesehatan dalam negeri salah satunya dilatarbelakangi oleh minimnya tenaga ahli yang bisa mendorong inovasi yang dihasilkan. 

Selain itu, bahan baku yang tersedia juga belum memadai. Meski demikian, lanjut dia, asosiasi tetap optimistis industri alat kesehatan lokal masih bisa menunjukkan pertumbuhan. 

“Kita  terus melakukan inovasi. Pemerintah juga sudah meningkatkan anggaran kesehatan dan kita sedang menuju implementasi Jaminan Kesehatan Nasional yang artinya penggunaan alat kesehatan pasti akan meningkat. Peluang ini harus dimanfaatkan oleh pengusaha lokal  sebaik-baiknya,” papar  Cristina. 

Indonesia Healthcare Forum Innovation Award 2017 merupakan sebuah ajang lomba yang memberikan penghargaan khusus kepada individu, institusi, atau kelompok yang telah menerapkan atau melakukan inovasi di bidang kesehatan. “Melalui acara ini, kami mengundang para inovator handal untuk ikut berpartisipasi dan menciptakan inovasi terbaiknya,”  kata Supriyantoro.(nas/JPG)

Sumber : JawaPos.com